Rabu, 03 Agustus 2011

Sebuah Biografi Pierre Auguste Renoir

Pierre-Auguste Renoir lahir di Limoges dan dibesarkan di Paris, di mana ayahnya, seorang penjahit dengan keluarga besar, menetap di 1845. Dari usia tiga belas ia bekerja sebagai seorang pelukis magang, lukisan bunga di piring porselen. Ini magang purba meninggalkan jejak tertentu pada seninya, yang selalu dekoratif meskipun realisme nanti nya. Setelah mesin untuk mewarnai keramik telah diperkenalkan, ia harus beralih ke penggemar dekorasi dan layar. Setelah disimpan uang, pada 1862 Renoir memasuki Gleyre Atelier dan ada berteman dengan Monet, Sisley dan Bazille; beberapa waktu kemudian ia bertemu Pissarro dan CĂ©zanne.


Dia pertama kali dipamerkan di Salon pada 1864, setelah itu juri menolak karya-karyanya dan hanya pada tahun 1867 diterima Lise, potret modelnya dan kekasihnya Lise Trehot. Pada tahun 1867, ia dan Monet tinggal di rumah Bazille itu. Pada 1868-1870, ia berbagi studio dengan Bazille di Paris. Seniman muda duduk untuk masing-masing, Frederic lain yaitu Bazille di Easel Nya dengan Renoir dan Potret Pierre-Auguste Renoir oleh Bazille. Dia menghabiskan musim panas 1869 dengan Monet di Bougival di Seine; bersama-sama mereka bekerja di luar prinsip-prinsip utama metode impresionis. Hal yang paling kuat diwujudkan dalam plein udara studi La Grenouillère (1869). Lihat dan bandingkan La Grenouillere oleh Monet dan Renoir La Grenouillere oleh, para pelukis bekerja berdampingan.


Itu pada 1870-an, yang Renoir itu gaya impresionisme mencapai puncaknya. Dia bekerja di Argenteuil dan di Paris. Dia berpartisipasi dalam pameran impresionis tahun 1874, 1876 1877 dan 1882 dan merupakan anggota pendiri dari tinjauan L'Impressionniste (1877), di mana ia menerbitkan artikelnya pada prinsip-prinsip seni kontemporer. Swing dan komposisi besar Le Moulin de la galette, salah satu yang terbaik yang paling tersenyum dari karya-Nya, model yang adalah teman-temannya, sebagian besar seniman, dan anak perempuan Montmartre. Hal ini seperti jaringan luar biasa dari sinar matahari dan biru kabur terjalin lembut.


Renoir mencapai pengakuan awal dari teman-temannya. Pada 1879-1880, ia mengirim beberapa potret Salon resmi, di antaranya Potret Aktris Jeanne Samary dan Potret Nyonya Charpentier dan Anak-Nya. Seniman menemukan dirinya pada titik kritis. Pada tahun 1880, ia bertemu Aline Charigot, seorang wanita biasa, yang dia akan menikah pada tahun 1890, mereka memiliki 3 putra: Pierre (1885 -), Jean (1894 -), yang akan menjadi sutradara film yang penting, dan Claude (1901 -) , yang disebut "Coco". Pada tahun yang sama, 1880, Renoir patah lengan kanannya dan untuk beberapa waktu dicat dengan tangan kirinya. Pada tahun 1881, ia pergi ke Aljazair, kemudian ke Italia, di mana ia terkesan oleh Raphael dan lukisan dinding Pompeii. Luncheon Partai Boating adalah tentu saja salah satu kanvas Renoir terbaik.


Pada tahun 1880-an, ia meninggalkan Impresionisme untuk apa yang sering disebut "gaya kering". Dia mulai mencari bentuk padat dan komposisi yang stabil, pencarian, yang dipimpin dia kembali ke master Renaissance. Dia bekerja lebih hati-hati dan cermat, warna nya menjadi lebih dingin dan halus. Ia kemudian kembali ke warna yang kaya panas dan sapuan kuas bebas dari hari-hari sebelumnya untuk menggambarkan telanjang di bawah sinar matahari, gaya, yang ia terus mengembangkan sampai akhir hidupnya: The bathers (1887).


Pada tahun 1886, dealer seni Durand-Ruel dipamerkan 32 lukisan Renoir di New York, sehingga membuka pasar Amerika untuk Impresionisme. Bukti (dan lainnya Impresionis ') keberhasilan Renoir di Amerika Serikat adalah sejumlah besar gambar mereka di museum Amerika. Pada bulan Desember 1888, Renoir menderita serangan pertama radang sendi, yang akan melumpuhkan tangannya, pada 1898 setelah serangan serius dari penyakit lengan kanannya lumpuh. Mulai sekarang ia melukis, mengatasi nyeri yang kuat, tegap kuas untuk pergelangan tangannya. Pada tahun 1919, tidak lama sebelum kematiannya, ia selesai, sakit besar, skala besar komposisinya Para bathers Agung (The Nymph).


Renoir meninggal di Cagnes pada 3 Desember 1919 dan dimakamkan di Essoyes, di samping Aline.


Bibliografi:


Henri Perruchot. La vie de Renoir. Hachette. 1964.


Renoir. oleh M. Prokofyeva. Moskow. 1966.


Prancis Lukisan dari Hermitage, Leningrad. Aurora. Leningrad. 1975.


Lukisan Eropa. XIII-XX berabad-abad. Kamus ensiklopedi. Moskow. Iskusstvo. 1999.
Renoir, My Father (New York Review Books Classics) oleh Jean Renoir, Randolph Weaver (Translator), Dorothy Weaver (Translator), Robert L. Herbert (Pendahuluan). New York Review of Books, 2001.


Renoir: Sebuah Master Impresionisme (The Impresionis) oleh Gerhard Gruitrooy. Todtri Productions Ltd, 1998.


Renoir: Hidup-Nya, Seni, dan Sastra oleh Barbara Ehrlich Putih. Harry N Abrams, 1988.
Alam Lokakarya: Tulisan Renoir di Seni Dekoratif oleh Robert L. Herbert. Yale Univ Pr, 2000.

Taman Renoir oleh Jacques Renoir, Derek Fell. Frances Lincoln, 2000.
Pierre-Auguste Renoir: LA Promenade oleh John House, Auguste Renoir. J. Paul Getty Kepercayaan Publications, 1998.


Renoir dan Aljazair oleh Roger Benjamin, David Prochaska. Yale University Press, 2003.
Renoir, Hidup, Seni, dan Sastra oleh Barbara Ehrlich Putih. Harry N Abrams, 1988.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar